Tantangan dan ‘PR’ Anak-Anak Kita: Apa Yang Harus Kita Lakukan?

images (1)

Menjadi anak yg baik dan berasal dari keluarga baik2, saat ini jelas tidak cukup sebagai bekal anak2 kita untuk bisa dengan lancar mengarungi kehidupan mereka, apalagi untuk mencapai keberhasilan/kesuksesan dalam kehidupan ini. Tantangan mereka saat ini saja sudah sangat luar biasa dan jauh berbeda dengan jaman kita remaja dahulu. Apalagi tantangan yang harus mereka hadapi saat mereka dewasa nanti.

Anak2 harus mampu menjadi pribadi2 yang mengenal dirinya dengan baik, menerima dirinya dengan nyaman, dan memiliki penghargaan diri yang positif. Mereka harus mampu menjadi pribadi yang mandiri, kuat, dan mampu mengalahkan diri mereka, untuk bisa menghadapi/menjawab tantangan/permasalahan hidup mereka. Anak2 juga harus memiliki bekal kekuatan untuk menjadi pribadi yang asertif. Mereka juga harus memiliki kemampuan untuk menolak, dan harus bisa menjadi pribadi2 yg sanggup berkata ‘tidak’ untuk hal2 yg merugikan mereka. Untuk itu dibutuhkan bimbingan dan latihan kedisiplinan yang baik agar mereka mengatur diri mereka, sebelum mereka beranjak dewasa.

Menjadi anak pintar/ cerdas pun belum cukup. Karena pintar dan cerdas butuh didampingi kemampuan untuk mampu memiliki fokus, sehingga potensi dan kemampuan2 yang dimiliki bisa diarahkan dengan benar pada tujuan/cita2 yang dimiliki. Kemampuan untuk mampu memiliki fokus, bukanlah kemampuan yang dengan sendirinya bisa dimiliki oleh anak2. Kemampuan untuk fokus membutuhkan bimbingan dan latihan. Apalagi bagi anak2 cerdas dg kemampuan yg tinggi dan luas, memfokuskan diri merupakan sebuah tantangan tersendiri.

Memiliki orang tua yang bisa menjadi teman, juga belum cukup. Karena tantangan dan tugas anak2, terlalu banyak untuk bisa ‘dirangkum’ dan diselesaikan dalam obrolan/curhat antara anak dengan orang tuanya. Dan saat ini harus diakui, bahwa bukan hal yang mudah bagi orang tua untuk bisa menyamai apalagi melampaui pengetahuan yang dimiliki anak2. Apalagi, kita sadar, kesempatan dan waktu yang kita miliki kecil kemungkinannya akan bisa sepanjang usia anak2 kita. Untuk itu kita harus mempersiapkan mereka. Kita harus yakin bahwa kita harus siap ‘melepas’ mereka, tanpa kt ada di samping mrk.

Luar bisa PR anak2 kita. Luar biasa daftar tugas yg harus mereka selesaikan sebelum mereka beranjak dewasa.

Untuk itu sebaiknya kita seharusnya jangan pernah merasa cukup dengan apa yang sudah kita sediakan/persiapkan/berikan pada mereka. Ajarkan dan ajak anak untuk mengetahui dan memahami, bahwa tak terhitung banyaknya ‘sekolah’ dan ilmu yang tertebar di sekeliling mereka, sehingga mereka selalu dalam keadaan haus akan ilmu dan selalu siap menerima pelajaran dari sekeliling mereka.

Sebaiknya kita sebagai orang tua mampu dan mau terus membuka diri, agar bisa terus membuka kesempatan bagi anak2 kita agar mereka bisa mendapatkan ilmu dan pengetahuan serta masukan. Dorong anak2 untuk menimba ilmu, dari manapun, kapan pun, dan dari siapapun. Untuk memastikan bahwa anak2 kita insyaAllah siap menghadapi tantangan kehidupan mereka, dengan atau tanpa kita ada di samping mereka..

Semoga Allah selalu membimbing dan melindungi anak2 kita. Semoga anak2 kita bisa mengenal diri mereka dengan baik, menerima diri mereka dengan nyaman, memiliki penghargaan diri yang baik, dan bahagia menjadi diri mereka, dan bahagia serta penuh syukur dengan apapun yang mereka jalani. Amin..

 __________________________________________

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s