LINDUNGI ANAK ANDA: SARAN-SARAN DARI PELAKU PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK-ANAK (Bagian I)

(Informasi ini disarikan dari kompilasi dan tulisan sejumlah pelaku pelecehan terhadap anak-anak yang ada di dalam program treatment di The Center for Behavioral Intervention, Beaverton Oregon)

BAGIAN I 

child_abuse

PENGANTAR

APAKAH YANG DISEBUT DENGAN PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL TERHADAP ANAK?

Situasi biasanya diawali pada saat pelaku mulai berusaha mendapatkan kepercayaan dan hubungan pertemanan dengan anak. Selanjutnya pelaku akan ‘mengecek’ kemampuan anak untuk melindungi diri dengan mencoba bercerita tentang guyonan seputar seks, mencoba mengajak anak bermain kuda-kudaan, menggosok punggung, mencium, atau permainan-permainan yang berbau seks.

Jika anak tampak merasa nyaman atau tampak merasa ingin tahu tentang perilaku-perilaku tersebut, (dan memang pada umumnya anak yang sehat sewajarnya demikian), pelaku dengan perlahan akan meningkatkan kuantitas dan tipe sentuhan untuk nantinya menuju pada sentuhan seksual secara langsung.

Pelecehan dan kekerasan seksual dapat meliputi perilaku menunjukkan, membelai, masturbasi, seks oral, hubungan seksual itu sendiri, dan pornografi.

Banyak anak tidak memahami apa yang sebenarnya terjadi atau apa yang salah. Kebanyakan pelaku mengetahui bahwa jika mereka membahayakan anak secara fisik saat melakukan pelecehan/kekerasan seksual, maka kemungkinan anak akan bercerita akan lebih besar. Mereka juga cukup pandai untuk membuat anak merasa bahwa seolah-olah ia yang bertanggung jawab terhadap kontak/apa yang terjadi. Anak menjadi terjebak dan tidak mampu untuk bercerita kepada siapapun apa yang sedang terjadi.

Untuk mencegah terjadinya pelecehan dan kekerasan seksual pada  anak, orang tua, sekolah, dan komunitas masyarakat harus bekerja bersama-sama untuk mengembangkan program pencegahan, termasuk di dalamnya dengan mengadakan program pelatihan untuk orang tua (parent training program) serta dengan menggalakkan usaha pelaporan kasus. Informasi dalam tulisan ini disarikan dari kompilasi dan tulisan sejumlah pelaku pelecehan terhadap anak-anak yang ada di dalam program treatment di The Center for Behavioral Intervention, Beaverton Oregon.

Seperti telah disampaikan di atas, pelaku pelecehan dan kekerasan seksual terhadap anak juga akan membuat anak merasa  bersalah dan merasa bertanggung jawab terhadap apa yang terjadi. Dinamika ini membuat situasi menjadi dangat berat bagi anak untuk dapat bercerita kepada siapapun tentang apa yang sedang terjadi pada mereka.

Semoga tulisan ini dapat membantu Anda melindungi anak-anak dari orang-orang yang menjadi pelaku pelecehan dan kekerasan seksual. Mohon maaf jika tulisan ini mungkin akan menimbulkan perasaan ngeri, karena disampaikan langsung oleh pelaku.

SEPERTI APAKAH PROFIL PELAKU PELECEHAN DAN KEKERASAN SEKSUAL PADA ANAK?

  • Saya bisa saja seseorang yang cukup dikenal dan disukai anak Anda
  • Saya bisa saja seorang laki-laki atau perempuan, menikah atau belum menikah
  • Saya bisa saja seorang anak, remaja, atau dewasa
  • Saya bisa berasal dari suku/ras apapun, beragama apapun, dan memiliki preferensi seksual apapun
  • Saya bisa saja seorang orang tua, orang tua tiri, salah satu anggota keluarga, teman keluarga, guru, rohaniawan, babysitter, atau siapapun yang memiliki kontak dengan anak-anak
  • Saya kemungkinan besar sosok yang stabil, memiliki pekerjaan, dan merupakan anggota masyarakat yang dihargai
  • Pendidikan dan kecerdasan saya tidak mencegah saya untuk melakukan pelecehan dan kekerasan seksual pada anak Anda

Orang tua dapat mengalahkan saya jika mereka berusaha dan bekerja bersama-sama. Didik diri Anda, keluarga Anda, dan komunitas Anda.

__________________________________________________________________

BERSAMBUNG KE BAGIAN II: Bagaimana Pelaku Pelecehan dan Kekerasan Seksual pada Anak Mendapatkan Akses ke Anak Anda? “..Sangat Mudah untuk Mendapatkan Akses ke Anak Anda..” (Pelaku)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s