BERAS DAN KESIAPAN ANAK

image

Beras. Akan semakin menjadi lebih putih,bukan hanya karena ditumbuk dengan alu. Beras akan menjadi semakin putih,juga karena saling bergesekan dengan beras-beras yg lain.

Seperti diri kita. Karakter kita akan semakin terasah jika kita memberikan diri kita kesempatan untuk lebih banyak bergesekan dengan org lain. Lebih banyak hal baru, pelajaran baru, masukan2 baru, konflik2 baru, menjadikan diri kita individu yg selalu ‘baru’. Baru dengan menjadi lebih baik.

Dorong anak2 kita untuk terus bisa mendapat kesempatan untuk ‘bergesekan’ dengan dunia. Dunia di luar pelukan dan kasih sayang penuh kehangatan dari kita orang tuanya. Se-khawatir apapun kita, kita harus tetap mampu memberikan mereka kesempatan untuk merambah dunia.

Betul, bagi orang tua, tempat paling aman bagi anak2, adalah di samping orang tuanya. Tapi bisakah kita memastikan, sampai kapan kita akan terus ada di samping mereka? Pada saatnya mereka akan berjalan dan berjuang di atas kaki mereka sendiri. Dengan menahan mereka untuk ‘keluar’, kita berarti menunda kesempatan mereka untuk mulai belajar, dan berarti kita menunda kesiapan mereka.

Kita hanya perlu memastikan bahwa bekal yang kita berikan selalu kita tambah dan kita kuatkan setiap waktu. Plus ekstra doa yang tiada habisnya. Kita musti yakin, mereka telah siap..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s