ANAK LAKI-LAKI ANDA, DAN BONEKA

boysndolls

Sebagian besar orang tua, terutama biasanya para ayah, berpendapat bahwa jika anak laki-laki bermain dengan boneka akan membuat anak laki-laki ini menjadi lebih tidak maskulin. Stereotip seperti ini masih cukup kuat ada dalam masyarakat kita. Akan tetapi penelitian-penelitian terkini telah menemukan dan membuktikan bahwa adalah merupakan hal yang sehat jika anak laki-laki bermain dengan boneka atau bermain dengan mainan-mainan anak perempuan lainnya.

Dari pengalaman pendampingan konseling dan kelas parenting bagi orang tua selama ini, kekhawatiran yang dimiliki oleh sebagian orang tua ini adalah, bagaimana jika anak laki-laki mereka akan tumbuh dan berkembang menjadi laki-laki yang bersifat dan bersikap feminin.

Kondisi dimana seorang anak laki-laki bersifat dan bersikap feminin, tidak disebabkan karena anak lebih menyukai atau bermain dengan permainan perempuan. Penelitian-penelitian terakhir telah membuktikan bahwa kondisi dimana anak laki-laki atau laki-laki bersifat dan bersikap feminin disebabkan karena kondisi bawaan. Jadi anak laki-laki yang tidak memiliki kondisi bawaan ini, jika dibiarkan bermain dengan permainan perempuan, tidak akan kemudian membuatnya menjadi sosok laki-laki yang bersifat dan bersikap feminin.

Penemuan-penemuan baru justru menemukan bahwa dengan membiarkan anak laki-laki bermain dengan permainan-permainan anak perempuan akan memberikan manfaat positif dan tidak mempengaruhi perkembangan anak laki-laki ke arah negatif. Penelitian-penelitian ini mengungkap bahwa bermain dengan permainan anak perempuan dapat membantu anak laki-laki tumbuh dan berkembang menjadi lebih empatik dan lebih peka perasaannya.

Jadi, sebenarnya dengan membebaskan anak Anda memilih alat permainannya, akan membuatnya tumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang lebih ‘kaya’. Jika Anda membebaskan anak laki-laki Anda memilih dan bermain juga dengan mainan perempuan, maka mereka akan belajar bagaimana menjadi laki-laki sejati, yang memiliki rentang emosi yang lengkap, yang memiliki kelembutan, rasa kepedulian, dan perhatian, dan bukan hanya memiliki/menunjukkan kekuatan atau maskulinitas semata.

______________________________

CATATAN: Jika insting Anda mengatakan ada sesuatu yang berbeda dengan anak Anda hubungannya dengan sikap/perilaku mereka sebagai anak laki-laki/anak perempuan, sebelum memutuskan tindakan apa yang akan Anda ambil, lebih baik jika Anda segera menghubungi ahli yang berkompeten. Buat janji dengan psikolog, dan diskusikan kekhawatiran Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s