BAGAIMANA CARA MEMBENTENGI DIRI DARI TERJADINYA AFFAIR..?

AffairProof_0

Mungkin Anda berpikir bahwa jika seseorang tertarik pada seseorang yang lain selain pasangannya, maka pasti ada sesuatu yang salah/ada masalah di rumahnya. Pendapat ini tidak benar. Karena timbulnya kertarikan pada orang lain meski Anda memiliki pernikahan yang baik-baik saja atau bahkan sangat baik, adalah hal yang mungkin terjadi.

Satu-satunya benteng utama yang dapat menolak timbulnya sebuah affair adalah dengan adanya penetapan batas yang tegas.

Dalam budaya saat ini dimana laki-laki dan perempuan dimungkinkan untuk bekerja dengan interaksi yang sangat dekat, Anda harus memastikan bahwa Anda tidak menciptakan kemungkinan bagi timbulnya sebuah affair, terutama pada saat-saat dimana Anda mungkin sedang berada pada situasi yang rentan. Hindarkan diri Anda untuk berbagi cerita tepat setelah Anda bertengkar dengan pasangan Anda, atau tepat pada saat Anda ada di tengah-tengah sebuah permasalahan dengan pasangan Anda. Saat-saat dimana justru seseorang biasanya akan ‘terpeleset’, karena saat-saat seperti ini justru saat dimana Anda ‘jauh’ dari pasangan Anda dan Anda merasa butuh teman untuk ngobrol atau untuk share. 

Salah satu pintu yang biasanya menjadi awal bagi timbulnya sebuah affair adalah ketika seorang laki-laki dan perempuan yang  ‘hanya sekedar teman biasa’ dengan polosnya mulai mendiskusikan masalah dalam pernikahan mereka (masing-masing), satu sama lain. Mereka tanpa sadar mencoba berdiskusi dan saling bersimpati, kemudian akan mereka-reka cara dan menciptakan gambaran yang lebih baik tentang sebuah pernikahan, akan tetapi dengan seseorang yang salah.

Para peneliti dalam bidang hubungan pernikahan menyatakan bahwa penyebab utama kasus-kasus affair dalam pernikahan adalah karena tentang kerahasiaan kedekatan dengan seseorang dari luar pernikahan. Contohnya jika Anda setiap pagi berjalan dengan seorang perempuan yang bukan istri Anda dan istri Anda tidak mengetahuinya, maka berarti Anda telah melanggar kode etik Anda terhadap istri Anda, karena Anda menyimpan rahasia darinya tentang kedekatan Anda dengan orang lain. Jadi jika Anda memiliki sebuah hubungan dengan seseorang dan Anda merahasiakannya dari pasangan Anda, maka berarti Anda telah melanggar sebuah batasan yang penting.

Peneliti dalam kasus-kasus ketidaksetiaan dalam pernikahan juga menemukan bahwa orang-orang yang meninggalkan pernikahan mereka untuk mengejar sebuah hubungan yang lain dengan pasangan affair mereka, hanya 10% dari yang benar-benar akhirnya bertahan dengan pasangan affair mereka.

Peneliti juga menemukan bahwa pada umumnya mereka yang terlibat dalam affair menyatakan, bahwa mereka semua berharap affair tersebut tidak pernah terjadi, dan mereka berharap bahwa sebelum affair itu terjadi mereka dapat menyediakan waktu dan tenaga yang lebih banyak untuk dapat menyelamatkan pernikahan mereka.

BAGAIMANA CARA MEMBENTENGI DIRI DARI AFFAIR?

1. TETAPKAN BATASAN YANG JELAS

Tetapkan standard yang sesuai dengan nilai-nilai/norma agama yang Anda miliki dengan jelas. Pastikan Anda memiliki kesadaran dan pegangan yang kuat untuk membentengi diri Anda. Misalnya jika Anda menyadari bahwa diri Anda berharap untuk bertemu dengan seseorang secara rahasia, maka Anda mampu menyadari bahwa secara emosi Anda telah berjalan terlalu jauh. Atau Anda mampu menyadari, bahwa jika suatu ketika Anda tidak berniat untuk mengatakan pada pasangan lain tentang aktivitas yang melibatkan Anda dengan salah satu dari mereka, maka Anda tahu bahwa sebuah batas telah dilanggar.

2. PELIHARA HUBUNGAN DENGAN PASANGAN ANDA DENGAN BERKOMUNIKASI

Daripada menciptakan dinding kerahasiaan, berbicaralah pada pasangan Anda. Berbicaralah tentang semua yang terjadi dalam kehidupan Anda, termasuk tentang hubungan Anda dengan perempuan/laki-laki lain. Jangan simpan rahasia apapun. Tingkat kedekatan personal yang seperti ini akan membantu Anda untuk menjaga dan menetapkan limit dengan orang lain di luar pernikahan Anda.

3. PASTIKAN SITUASI ROMANTIS DI RUMAH TETAP ADA

Banyak dari kita yang berpikir bahwa soal sayang dan perhatian adalah sesuatu yang sudah jelas, akan tetapi ini sungguh bukan hal yang sepele. Cobalah untuk tetap secara kontinu melakukan hal-hal kecil (yang hanya Anda dan pasangan Anda yang mengetahuinya) untuk pasangan Anda dan pastikan pasangan Anda tahu bahwa Anda mencintai dan menyayanginya, dan bahwa Anda memikirkannya.

Telponlah pasangan Anda di tengah-tegah kesibukan Anda, hanya sekedar untuk mengobrol ringan selama beberapa menit. Ciptakan waktu untuk berdua saja pada malam akhir minggu. Setiap 2 bulan sekali atau terserah Anda, serahkan semua pekerjaan rumah kepada siapapun yang Anda percaya dan lewatkan waktu hanya berdua selama beberapa waktu/beberapa hari hanya dengan berduaan. Menjaga bara api ini di rumah akan membantu Anda untuk tidak merasa perlu mencari romantisme dan petualangan dengan orang lain di luar rumah.

4. JIKA ANDA TERTARIK DENGAN SESEORANG, JANGAN PERNAH BIARKAN ORANG ITU MENGETAHUINYA

Berbagi perasaan tentang rasa ketertarikan hanya akan membuka pintu bagi orang lain untuk juga berbagi perasaannya kepada Anda. Jika ketertarikan sudah saling diketahui (bersifat mutual), maka saat itulah masalah akan dimulai.

5. JAUHI LINGKUNGAN DIMANA KETIDAKSETIAAN CENDERUNG UNTUK DITERIMA/BERKEMBANG

Acara makan siang sembunyi-sembunyi, mampir di cafe setelah jam kerja, dan tempat-tempat/kesempatan-kesempatan lain seperti itu adalah tempat-tempat yang penuh dengan bahaya. Atau singkatnya, jauhi tempat/kesempatan dimana Anda biasanya minum dan menikmati waktu dimana pasangan Anda tidak ada disitu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s