Life is Always a Package

Sangat manusiawi jika kita selalu berpikir dan menginginkan hal yang tidak kita miliki. Karena kemampuan kita memang terbatas, salah satunya kemampuan kita untuk mampu menyerap dan merasakan apa-apa yang sudah menjadi jalan atau milik kita. Indera kita sangat besar kemampuannya, namun tentu juga berbatas. Kita menghadap ke timur, maka tenggara, selatan, barat daya, barat, barat laut, utara, timur, dan timur laun-pun menjadi bagian bagian arah yang tidak kita hadap, yang tidak dapat kita lihat, yang menjadi titik-titik buta kita. Itu baru satu indera.

Sama seperti ikan di dalam akuarium, mereka tidak akan pernah tahu, bagaimana indahnya dunia dan semua yang mereka miliki dan jalani. Namun kita, jelas bisa melihat dan mengaguminya. Karena kita ada di luar, dan oleh karenanya bisa beputar untuk menikmati akuarium, dari segala arah yang dimungkinkan.

Pada saat kita berpikir, mengangankan, dan menginginkan apapun hal yang tidak kita miliki, sebenarnya tanpa sadar kita berpikir dan beranggapan bahwa kenyataan kita, dapat kita ciptakan dalam formasi atau susunan, seperti yang kita mau. Ada satu hal besar yang hilang dan salah disini.

Katakan saja Anda memiliki jalan kehidupan dengan warna A. Kehidupan Anda ini memiliki warna hijau, biru, dan kuning. Anda berpikir untuk ingin memiliki warna kehidupan lainnya, misalnya saja merah. Kemudian dengan sebuah keinginan lain, yakni Anda ingin menghilangkan warna hijau dan ingin tetap mempertahankan warna biru dan kuning. Anda lihat? Saat Anda mengangankan dan berpikir betapa enaknya jika Anda dapat memiliki warna kehidupan merah, sadarkah Anda bahwa saat itu Anda berpikir bahwa jika warna kehidupan merah yang Anda inginkan bisa datang dan Anda dapatkan,  warna-warna kehidupan Anda yang Anda tidak sukai yakni hijau Anda harapkan hilang, dan warna-warna biru, dan kuning, itu akan tetap ada?🙂 Padahal belum tentu demikian, dan besar kemungkinan memang tidak demikian.

Setiap hal yang mengada dalam kehidupan kita dan menjadi warna kehidupan kita, (insyaAllah) adalah merupakan sebuah formasi atau rumusan yang sudah pasti, dengan kelengkapn, atribut, dan asesoris yang juga pasti pula. Sebuah rumusan dan formasi yang sudah ditentukan yang menjadi salah satu tanda Kebesaran dan Keadilan-Nya, yang membuat semuanya menjadi seimbang dan harmoni. Dalam cakupan dan isi yang jauh melebihi kemampuan kita untuk memahami. Sehingga oleh karenanya memang, kita tidak akan pernah mampu untuk benar-benar memahaminya. Rumusan-Nya.

Kita memiliki sesuatu, kita berpikir untuk memiliki sesuatu yang lain. Kita berharap apa yang telah kita miliki dan (kebetulan) kita sukai akan bertahan ada, dan apa yang tidak kita sukai akan berganti (digantikan lebih tepatnya) dengan hal lain yang kita lebih sukai.  Ini yang di depan tadi saya katakan ada yang hilang atau salah:

Jika apa yang datang dalam kehidupan kita, kita ibaratkan dengan sebuah paket dalam sebuah kotak, kemudian jika kita mengharapkan apa yang ada di dalam kotak kehidupan kita itu ada yang tidak kita sukai/tidak kita inginkan, maka kita tidak bisa berpikir atau mengangankan bahwa hanya hal yang tidak kita sukai yang akan hilang dari kota itu. Karena apa yang tidak kita sukai tadi, datangnya memang (harus) dalam formasi berbarengan dengan hal-hal lain yang kita (kebetulan) sukai. Atau dengan kata lain, jika kita menginginkan sebuah hal yang hilang atau tergantikan, maka besar kemungkinan semua isi paket yang lain pun akan ikut berubah!

Life is always a Package. Semua paket, karena dariNya, maka insyaAllah adalah formasi yang TERBAIK.  Jangan pernah berpikir bahwa apa yang kita angankan akan mendatangkan kenyataan atau warna kehidupan yang lebih baik. Karena bisa jadi, dengan keinginan dan angan yang kita miliki, kita akan mendapatkan (diberikan) sebuah kotak kehidupan yang lain, yang di dalamnya terdapat hal-hal yang kita inginkan, namun dengan hal-hal lain yang bisa jadi pula lebih tidak kita sukai dan lebih buruk dari yang sudah kita miliki..

Kadang kita menginginkan hal yang berbeda. Namun semoga kesadaran bahwa apa yang ada, insyAllah adalah terbaik, semoga selalu ada pada kita.


(Siapa kita sehingga merasa mampu untuk menentukan yang benar-benar terbaik untuk diri kita. Sedangkan tak terhitung keterbatasan yang kita miliki, dan itu (seharusnya) benar-benar kita sadari.)

 

2 thoughts on “Life is Always a Package

  1. Numpang comment ya Mas Faiz ^_^

    Mencoba melihat kehidupan dari sudut Pandang “Life is Always a Package”

    Package kehidupan kita pada saat ini merupakan Hal yang wajib kita syukuri dan jalani sebaik mungkin. Namun pada setelah kita mencapai taraf Syukur dan Ikhlas dengan segala Paket yang kita miliki sekarang, saatnya kita meningkatkan pola pikir kita dengan kesadaran yang Positif bahwa rasa Syukur dan Ikhlas tidak berhenti dengan apa yang kita miliki sekarang.

    Dengan segala ilmu pengetahuan dan wawasan yang kita miliki, dengan rendah hati kita harus bisa melihat sebuah Package (Baik milik kita atau Package lain yang kita inginkan) sebagai sebuah Package yang berbentuk Sebuah Puzzle ter Struktural. Artinya Package tersebut bagaikan sebuah kotak2 Puzzle yang terikat (terinteritas) satu sama lain. Dimana ada bagian Baik (yang kita harapkan) dan Buruk (yang kita ingin singkirkan).

    Dan Untuk meningkatkan kualitas Package kita, dengan penuh kesadaran, keyakinan, dan kerja keras kita harus menyusun dan membuat Pola Package di mana Bagian Buruk kita tukar dengan bagian yang Baik dari Package lain (yang bukan milik kita) dan menjadikan Package kita tersusun dari Bagian Baik yang Lebih banyak dari pada Bagian buruknya (yaah 90% – 10% laah).

    Setelah terbentuk Package yang sesuai jangan lupa kita buat Sistem di mana Package kita Tidak Akan Berubah sampai dalam jangka waktu yang sangat Lama kalau oerlu Tujuh turunan hehehe….

    Btw iki sok tauku aja lo Mas, gak ada panduan dan teferensi teori maupun praktik :p…thanks Anyway dah boleh corat-coret di Blognya ^_^

    • Ok Rama..Siipp,ga sll perlu panduan n referensi atau apapun,sok tahu itu jg penting🙂
      Thx a lot sdh mau corat-coret disini,.. Ditunggu sll corat coretnya yg lain..
      All the best always for you.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s