Laki-laki Lembut Hati, Kecil Hati, dan Besar Hati

Sepulang dari menjemput istri lembur dari kantor malam ini, dalam perjalanan pulang kami terlibat obrolan yang akhirnya mengilhami saya untuk menuangkan tulisan ini (tepatnya dia yang mengingatkan bahwa obrolan tadi bisa jadi ide bagus untuk tulisan saya..😀 ).

Laki-laki lembut hati dan laki-laki yang kecil hatinya. Dalam keseharian tampaknya sebagian dari kita mencampuradukkan dua jenis hati tersebut. Lebih banyak yang tampaknya tanpa sadar berpikir bahwa laki-laki lembut hati ya sama saja kurang lebih dengan laki-laki yang kecil hatinya. Apa iya? Terus laki-laki yang besar hatinya ada dimana?🙂

Seorang laki-laki yang lembut hatinya, akan memiliki kepekaan yang cukup baik (sampai dengan taraf yang lebih tinggi dan paling tinggi) terhadap hal-hal di luar dirinya, yang tentunya tidak kasat mata. Ia akan mampu merasakan (ini kata kuncinya) apakah istrinya sedang butuh untuk disayang atau dipeluk, atau apakah anaknya sedang butuh untuk dia berikan senyuman, meski (hanya) dari kejauhan. Ia akan mampu menyayangi dan memperlakukan (orang-orang terdekatnya terutama) dengan lembut.

Seorang laki-laki yang lembut hatinya, tidak selalu adalah seorang laki-laki yang akan kehilangan akal saat ia harus menghadapi situasi yang sulit atau situasi yang pada umumnya membuat orang menjadi merasa membeku dan mengecil karena merasa tidak tahu apa yang harus dilakukan.

Seorang laki-laki yang lembut hati, bisa saja juga adalah seorang laki-laki yang besar hatinya.

Seorang laki-laki yang besar hatinya, adalah laki-laki yang memiliki keluasan hati untuk dapat mengakomodir dan memberikan tempat bagi apapun yang dilihat, dialami, atau apapun yang terjadi di sekitarnya. Baik tidak langsung atau secara langsung berhubungan dengan dirinya. Ia mampu untuk tidak memberikan judgement atau tidak memberikan penilaian alias bersikap netral, manakala memang tidak dibutuhkan untuk melakukan penilaian tersebut. Sehingga orang lain akan merasa nyaman dan aman manakala berdekatan dengan dirinya.

Seorang laki-laki yang besar hatinya, tidak pernah (jarang sekali) kehilangan akal saat ia harus menghadapi situasi yang sulit atau situasi yang pada umumnya membuat orang menjadi merasa membeku dan mengecil karena merasa tidak tahu apa yang harus dilakukan. Karena ia memiliki hati yang cukup besar untuk menampung dan mengolah serta menyelesaikan apapun yang terjadi di sekelilingnya.

Seorang laki-laki yang kecil hatinya, adalah laki-laki yang laki-laki yang lebih sering (jika tidak dapat dikatakan selalu) kehilangan akalnya saat harus berhadapan dengan masalah, karena ia cenderung memiliki wadah yang sangat terbatas untuk mengolah segala sesuatu yang kompleks. Ia juga cenderung untuk tidak mampu mengakomodir masalah yang ada, sehingga cenderung untuk menghindar atau menolak untuk menghadapinya.

Jadi kesimpulan sementara..

Laki-laki lembut hati bisa pada saat yang bersamaan juga adalah laki-laki yang besar hati. Seorang laki-laki yang tidak lembut hati bisa saja seorang laki-laki yang berhati besar. Namun laki-laki yang kecil hatinya, bisa dipastikan mesti bukan laki-laki yang besar hatinya, namun bisa saja juga seorang laki-laki yang lembut hatinya.

Laki-laki seperti apakah Anda, atau laki-laki seperti apakah orang-orang terdekat Anda..?Atau Anda punya kesimpulan lain?

4 thoughts on “Laki-laki Lembut Hati, Kecil Hati, dan Besar Hati

  1. Lelakiku itu sangat besar hatinya tapi tidak terlalu lembut hati….🙂
    Jadi, sebagai istri aku harus sering2 mengingatkan dan aga “ganjen” dikit biar dia ngeh.. hohoho… overall, dia adalah seorang suami, sahabat, partner dan juga teman diskusi yg sangat menyenangkan… lucky to have him, seperti sahabatku ini (red: mbak Ayie) juga pasti beruntung memilikimu mas.. hehehe…

  2. 🙂 Alhamdulillaah unt semuanya ..

    Istri memang hrs “pinter-pinter” dan memang hrs pinter..
    Krn sejatinya laki-laki krn (jauh) lebih sederhana dr perempuan, adlh lebih bodoh..
    Di tangan perempuan yg ada di sblhnya, perjalanan seorg laki-laki akan lbh terarahkan. Dan memang, bagaimana seorang laki-laki, adlh bagaimana perempuan yg ada di sampingnya.

    Best of luck for you, jgn pernah ragu atau takut.
    Krn di pangkuan perempuan yg dicintainya, laki-laki (bahkan) akan rela “menyerahkan” kepalanya..
    ..Caiyo Dewi!😀
    Im sure. He is,too..lucky to have you.

  3. Suami saya…?
    Adalah laki-laki dengan hati yang besar.. dan hati yang lembut..
    Sebuah pribadi yang bisa diandalkan dan juga hangat…
    Dan saya sangat beruntung menjadi istrinya…🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s