Jangan Takut dengan Kata ‘Memanjakan’ Anak

Jangan pernah takut dengan kata “memanjakan”.  Kunci dari segalanya, juga dalam mendidik/membimbing anak adalah keseimbangan. Arti keseimbangan disini adalah, bahwa apapun yang kita berikan pada anak harus selalu kita barengi dengan penjelasan.

Anak memiliki keterbatasan dalam mencerna dan memaknai setiap hal dan peristiwa yang mereka temui. Sehingga orang tua harus selalu tanggap dalam menangkap, apa pemaknaan yang mungkin diambil anak terhadap sebuah hal/peristiwa. Orang tua tidak boleh malas berbicara, bertanya, dan menjelaskan, untuk lebih memastikan persepsi dan pemaknaan pada anak. Berikan penjelasan pada anak, alasan Anda melakukan/memberikan sesuatu (barang/perlakuan) pada mereka, beserta konsekuensi-konsekuensinya.

Anak berhak merasakan dan mendapatkan fasilitas yang memang mampu diberikan orang tuanya.  Disini, keseimbangan adalah usaha yang dilakukan orang tua untuk membuat anak tetap memiliki kesempatan untuk melihat dan memahami sisi lain dari kehidupan, selain yang dijalani/dimilikinya. Sehingga anak tahu, paham, dan menerima berbagai warna di dunianya, di dunia ini. Kesempatan ini diberikan pada anak dengan cara verbal atau menceritakannya, dan juga dengan cara mengajak anak melihat atau mengalami sendiri sisi kehidupan yang kebetulan tidak dimilikinya, dalam situasi dan kondisi yang dibuat.

Jadi, selalu pastikan keseimbangan selalu menyertai semua yang Anda lakukan pada anak-anak.  Maka insyaAllah, akibat negatif akan terbang menjauh.

Jangan pernah takut dengan kata memanjakan. Karena dalam situasi penuh rasa sayang, gembira, dan bahagia, tak terhitung banyaknya hal positif yang akan meng-ada dan tumbuh di dalamnya.. 😉

Jangan takut. Semua dapat dikendalikan. Karena..ingat, Anda adalah Dalangnya..😀

2 thoughts on “Jangan Takut dengan Kata ‘Memanjakan’ Anak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s