Komentar Terbaik Berhadiah Buku 101 Tips Kilat Public Speaking

Ketrampilan memberikan presentasidan public speaking (berbicara di depan    umum) adalah  ketrampilan yang sangat bermanfaat dalam berbagai aspek pekerjaan dan kehidupan.  Ketrampilan dalam memberikan presentasi dan public speaking jika dilakukan dengan maksimal dan efektif merupakan faktor yang amat penting dalam bisnis, sales dan penjualan, pelatihan, pengajaran, perkuliahan, dan dunia hiburan.

Mengembangkan kepercayaan diri dan mengembangkan kemampuan untuk dapat memberikan presentasi yang baik, dan untuk berdiri dengan tegak dan penuh keyakinan diri di depan audiens  juga merupakan ketrampilan yang sangat membantu  dalam usaha pengembangan diri.

Ketrampilan presentasi dan  public speaking tidak terbatas bagi sebagian kalangan saja.  Siapapun dapat memberikan presentasi atau berbicara di depan umum, baik pada tingkatan baik, standar, professional, atau sampai membuat kita mengatakan bahwa sebuah presentasi adalah benar-benar keren. Karena sama seperti hal-hal lainnya, sebenarnya hanya dibutuhkan tambahan pengetahuan tentang teknik, persiapan, dan latihan yang perlu dilakukan.

Pembicara yang baik tidak dilahirkan dengan begitu saja. Benar terdapat beberapa tipe karakter dan kepribadian tertentu yang sepertinya mengarah pada kemampuan ini. Namun sebenarnya sederhana saja, bahwa pembicara yang baik harus memiliki pengetahuan cukup dan memiliki banyak kesempatan untuk dapat melatih kemampuan presentasinya. Harus selalu kita ingat, bahwa terlepas dari teknik-teknik presentasi, keyakinan, kepercayaan diri, jam terbang, pengalaman, dan persiapan, selalu merupakan faktor-faktor yang besar dan  penting yang harus selalu dikembangkan dari waktu ke waktu.

Seorang pembicara yang baik paling tidak memiliki dua ciri, yakni ketrampilan yang layak dan kepercayaan diri yang baik. Kepercayaan diri didapat dari pengetahuannya akan apa yang disampaikannya,  dan merasa  nyaman dengan kemampuan komunikasi yang dimilikinya.  Dalam buku ini Anda akan belajar tentang ketrampilan, teknik-teknik yang dibutuhkan, dan bagaimana Anda bisa meningkatkan kepercayaan diri yang Anda miliki untuk menjadi seorang pembicara dan presenter yang baik, baik pada bidang bisnis, sales, penjualan, pelatihan, pengajaran, perkuliahan, ataupun di dunia hiburan.

Tips Kilat Public Speaking:

  • Takut dan Cemas=Normal. Anda merasa takut untuk berbicara di depan umum? Anda bukan satu-satunya orang yang merasakan hal tersebut. Memberikan presentasi dan berbicara di depan umum memang merupakan hal yang menakutkan bagi banyak orang.                                                                                                                Mempresentasikan sesuatu atau berbicara di depan suatu kelompok orang, memberikan hasil tertinggi pertama dalam survei tentang hal-hal yang membuat orang merasa ketakutan. Ketakutan berbicara di depan umum ini terbukti lebih banyak dialami daripada ketakutan akan ketinggian, ketakutan akan terbang (dengan pesawat terbang), dan ketakutan akan kematian.                                                     
  • Kepercayaan Diri dan Kontrol. Jika Anda menampakkan keyakinan dan kepercayaan diri, siapapun tidak akan sempat berpikir atau menduga-duga kelemahan Anda. Kalaupun sebenarnya Anda tidak percaya diri, itu bukan masalah..dst.
  • Berani Mengubah Rencana. Begitu Anda sampai, segera serap situasi dan kondisi yang ada dan analisa. Baca kondisi dan situasi, terutama mengenai audiens Anda..dst.
  • Senyum, sungguh membantu..
  • Berbicaralah pada Audiens Anda.. Jika Anda selalu melihat catatan atau pada slide Anda, satu hal yang pasti akan terjadi..dst.
  • Aturan Tiga. Teknik presentasi yang efektif biasanya memakai Aturan Tiga.
  • Ungkapan Lemah. Kenali dan kurangi ungkapan atau pernyataan yang lemah dan yang sebenarnya tidak bermanfaat.

_______________________________________

Baca selengkapnya di Buku 101 TIPS KILAT PUBLIC SPEAKING (Media Pressindo, Yogyakarta)

Berikan Komentar Anda dalam Posting ini. Komentar terbaik akan mendapatkan 1 buah buku 101 TIPS KILAT PUBLIC SPEAKING –gratis– dengan tanda tangan Penulis.


9 thoughts on “Komentar Terbaik Berhadiah Buku 101 Tips Kilat Public Speaking

  1. Wah pas betul materi ini dengan kebutuhanku. beberapa hari lagi saya diminta ngisi di suatu acara. Ini bukan yang pertama tampil di depan orang banyak, tetapi pertama dengan format acara yg lebih formal alias seminar wakakaka (mules mode on). Pengen tampil maksimal tentu dong, makanya deg degan untuk persiapan. Thanks ya, tipsnya very fruitful and supportive. Timingnya tepat !!!

  2. Selamat datang🙂
    Syukur alhmdllh jika bisa membantu.
    Jangan lupa untuk memelihara kontak dg peserta, best of luck untuk presentasinya..

    • Dear Vincent, thx for visiting my Playground..
      Glad that the tips are helpful🙂
      Be waiting for your next visits.
      Regards,too.

  3. wah pas ni kalau untuk guru, g perlu kan susah2 berteriak minta didengerin sama sswa.
    pak faiz, terimakasih ya. kemarin sudah ngisi kuliah dikampus.
    senang bisa menimba ilmu bersama pak faiz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s