Tips Bagi Relawan – Hospice Care

A. Guidelines For Being There

Karena bagi tuan rumah, yakni seorang yang sakit dan menjelang saat akhir hidupnya Anda adalah seorang tamu, seseorang yang “diundang”, seseorang yang dikehendaki kehadirannya, maka pada tempatnya-lah jika sebagai seorang “tamu” Anda memberikan penghormatan kepada “tuan rumah” dengan kehadiran Anda yang penuh kasih sayang, keterbukaan dan tanpa penilaian.

1. Dengarkanlah dari lubuk  hati yang terdalam.

Heart-centered listening menyediakan tempat yang aman bagi seseorang yang menghadapi saat kematiannya, untuk dapat dengan bebas mengekspresikan ketakutan, duka, harapan dan impian mereka. Mendengarkan dengan seksama berarti ada secara penuh/utuh dan penuh kasih sayang untuk orang lain, tanpa harus memperbaiki sesuatu, atau membuatnya menjadi  sesuatu yang lebih baik.

2.Buat diri anda untuk terbuka dan menerima.

Menjadi terbuka kepada apapun yang akan terjadi. Izinkan dan buat diri anda mengalira mengikuti arus, menjadi fleksibel dalam mengalami pengalaman yang akan terjadi.

3. Persembahkan sebuah penghargaan kepada mereka yang menghadapi kematian.

Tunjukkan penghargaan kepada mereka yang sedang menghadapi saat kematiannya dan bantu mereka menghadapi masalah mereka, dengan cara mereka sendiri, dalam waktu dan tempat mereka sendiri. Jangan mencoba untuk mempercepat proses yang ada.

4. Hindari yang hal-hal yang biasanya ada atau menjadi bahan pikiran Anda, tentang “seharusnya begini/begitu..” dan “seharusnya tidak begini/begitu…” .

Hindari penilaian, pengharapan, dan hindari pemberian label pada pengalaman orang lain. Ingatlah, kita tidak punya hak untuk menempatkan keyakinan kita pada orang lain, ataupun menafsirkan pengalaman orang lain berdasarkan keyakinan pribadi kita. Tidak ada cara yang benar atau salah untuk/dalam hal akhir hidup siapapun.

5. Dampingi dengan cara apapun yang dibutuhkan.

Biarkan orang yang sedang menghadapi saat kematian dan mereka yang ada disekitarnya  untuk membuat “penyelesaian” dan sebuah “penutupan” dengan cara/pengalaman mereka sendiri.

B. Guidelines to Communicate

Seringkali sulit bagi keluarga dan relawan yang mendampingi untuk mengetahui apa yang harus dikatakan atau dilakukan pada saat merawat dan memberi  dukungan pada orang yang mereka cintai saat menghadapi saat kematian. Berikut ini adalah beberapa tips apa yang harus dikatakan, bagaimana cara mengatakannya, dan kapan saatnya “hanya” menjadi seorang pendengar yang baik.

1. HINDARI  KESAN DAN CARA YANG BERTELE-TELE

Hal ini akan mengisyaratkan kegelisahan dan bukannya ketenangan.

2. TENANG DAN DIAMLAH

Anda tidak akan bisa mendengarkan apabila anda berbicara.

3. HARGAI NILAI-NILAI DAN PILIHAN ORANG DAN BUANGLAH KEBINGUNGAN/KECEMASAN ANDA.

Jangan melamun, mengetuk-ngetuk, atau jangan merepotkan diri dengan berkas-berkas yang anda bawa.

4. BEREMPATILAH.

Cobalah untuk menempatkan diri anda pada posisi orang tersebut sehingga anda bisa melihat dari sudut pandang mereka.

5. BERSABARLAH.

Berikan dan sediakan waktu yang banyak. Jangan menyela. Tunjukkan kesabaran dengan ketenangan. Hal ini akan menunjukkan bahwa anda menghargai dan menghormati pendapat mereka.

6. JANGAN MENGHANCURKAN SEMUA HARAPAN. JANGAN BERDEBAT ATAU MENGKRITIK, TERUTAMA TERHADAP PENOLAKAN MEREKA.

Hal tersebut akan menempatkan orang tersebut pada sikap “bertahan”. Bisa saja tiba-tiba dia “membungkam” atau menjadi marah. Pada saat anda memperdebatkan pendapat anda, walaupun anda menang, anda tetap kalah J.

7. TANYAKAN PERTANYAAN YANG SEDERHANA/PENDEK.

Hal ini akan membesarkan hati mereka dan menunjukkan bahwa anda mendengarkan. Ini akan menolong mereka untuk lebih jauh dapat mengembangkan pendapat dan pendirian mereka.

8. BERHENTI BERBICARA! .. TENANGLAH!

Anda tidak akan bisa mendengarkan dengan baik sementara anda berbicara!

 

“Sometimes it is better to hold a hand…than to examine it“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s