Memahami Perkembangan Anak dan Beberapa Tips Sederhana

Memahami perkembangan anak adalah sebuah bagian penting dalam hal mendidik anak. Lima tahun pertama dalam kehidupan seorang anak adalah masa-masa yang partumbuhan dan masa belajar yang menakjubkan. Karena demikian cepatnya perubahan yang terjadi dalam perkembangan anak pada masa ini, diharapkan orang tua mampu untuk memberikan perhatian secara aktif selama masa-masa pra sekolah, juga untuk membimbing dan mendorong terjadinya proses belajar awal yang akan menjadi dasar bagi proses belajar pada masa-masa selanjutnya.

Setiap orang akan berkembang secara unik. Meskipun terdapat banyak prinsip yang berlaku secara umum dalam perkembangan manusia akan tetapi tidak ada anak yang sama. Anak-anak berbeda dalam pola-pola pertumbuhan fisik, kognitif, sosial, dan emosional masing-masing. Mereka juga berbeda dalam hal bagaimana mereka beriteraksi dengan dan dalam merespon lingkungan mereka seperti halnya dalam hal bermain, perasaan, dan faktor-faktor yang lain. Sebagian anak tampak selalu gembira dan berenergi, sementara anak-anak lain tampak tidak tampak memiliki kepribadian yang menyenangkan. Sebagian anak aktif, sementara sebagian lainnya cenderung pendiam. Kita bahkan bisa menemukan bahwa sebagian anak terasa lebih mudah kita tangani dan lebih mudah disukai daripada anak-anak lain. Memiliki pemahaman tentang rentetan perkembangan akan mempersiapkan dan membantu kita dalam memberikan perhatian bagi anak-anak kita. Perkembangan manusia meliputi Perkembangan Otak, Fisik, Bahasa, Kognitif, Sosial, Psikologis dan Emosional, serta perkembangan Etis dan Moral.

Beberapa kunci dalam memahami perkembangan anak adalah :

  • Setiap anak adalah individu yang unik meski secara umum mengikuti pola-pola umum. Oleh karenanya setiap anak sepatutnya bisa mendapatkan pendekatan dan cara-cara yang berbeda.
  • Tidak pada tempatnya dan tidak seharusnya anak dibandingkan dengan anak lain, demikian juga tidak untuk dibandingkan dengan saudara kandung.
  • Kecepatan perkembangan berbeda antara anak satu dengan anak yang lain, dan berbeda dari waktu ke waktu.
  • Banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan seorang anak, seperti misalnya, berat badan yang rendah saat kelahiran, kondisi keluarga, atau lingkungannya.
  • Sejarah ceita kehidupan setiap anak adalah penting dan merupakan titik awal dalam memahami dan mendukung perjalanan perkembangan dan pembelajaran mereka.
  • Jika berhubungan dengan masalah perkembangan anak, sebaiknya orang tua berusaha mencari informasi dan bantuan pada professional (Dokter/Psikolog Anak)

Semakin waktu berjalan, semakin besar pula tantangan orang tua dalam membimbing dan mendidik anak. Di bawah ini terdapat beberapa Tip yang bisa dicatat:

  1. Berikan contoh dari Anda dan pasangan Anda hal-hal yang Anda harapkan ada pada anak-anak Anda.
  2. Berkomunikasilah – dengan berbicara pada pasangan Anda.
  3. Berbicaralah dengan anak-anak Anda.
  4. Dengarkan anak-anak Anda.
  5. Dorong anak Anda. Berikan penghargaan atas pencapaian prestasi dan bakat-bakat mereka. Kenali/sadari kecakapan/ketrampilan mereka yang telah berkembang.
  6. Soroti sikap dan perilaku yang positif. “Tangkap” mereka saat sedang berlaku positif.
  7. Berikan dan ungkapkan/ekpsresikan penghargaan pada anak-anak Anda.
  8. Gunakan dan budayakan : MAAF, TOLONG, dan TERIMAKASIH.
  9. Galilah informasi tentang apa yang mereka rasakan. Jangan “lewatkan” dan jangan acuhkan apa yang mereka rasakan.
  10. Anda tidak harus bisa menjawab semua pertanyaan mereka, mengakulah jika Anda merasa tidak/belum bisa menjawab, dan berjanjilah untuk mencari informasi, lalu tepatilah.  Jangan mengarang jawaban.
  11. Berikan anak-anak Anda kesempatan untuk melakukan kesalahan dan belajar dari kesalahan mereka sendiri.
  12. Bimbing mereka untuk belajar tentang tanggung jawab dan resiko. Jangan selalu menolong dan “menyelamatkan” mereka.
  13. Rencanakan dan agendakan waktu bersama mereka. Lakukan hal-hal yang menarik bagi Anda dan anak-anak Anda.
  14. Berusahalah untuk selalu memiliki “satu suara” dengan pasangan Anda.
  15. Tunjukkan bahwa Anda mencintai mereka dengan “tanpa syarat”.
  16. Pastikan bahwa anak-anak Anda tahu bahwa Anda mencintai mereka, juga ketika mereka melakukan kesalahan.

 

Anak akan selalu belajar dari semua yang mereka lihat,dari semua yang mereka alami, dan dari bagaimana mereka dibesarkan. Itu berarti kita. Anak tidak selalu melakukan apa yang kita katakana/ucapkan, namun anak akan selalu melakukan apa yang kita lakukan. Oleh karenanya, kita sebagai orang tua yang harus selalu terlebih dahulu memiliki kesiapan untuk mau mengevaluasi diri, mau untuk terus belajar, dan mau serta selalu terbuka untuk menciptakan dan menjalani perubahan-perubahan. Kapan saja, dan dari apapun, dari siapapapun dari sekeliling kita. Kita musti “haus”, dan kita musti mau untuk terus “mencari”.  Karena pengetahuan dan kecakapan yang paling kompleks dan sekaligus justru tidak memiliki bangku sekolah khusus, adalah pengetahuan dan kecakapan sebagai orang tua.

Jadi, memang semua tergantung kita sebagai orang tua. Kita mau memiliki anak-anak yang bahagia dan berkualitas? Berarti kita yang harus terlebih dahulu bisa memastikan, bahwa kita pun orang tua yang bahagia dan berkulitas.

Salam. Semoga Bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s