Cium Tangan

Cium Tangan. Terdiri dari dua kata yang menjelaskan perilaku tersebut. Cium berarti mencium, dan tangan ya tangan. Perilaku ini biasanya mengikuti perilaku bersalaman, dari yang muda pada yang lebih tua sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan.

Namun saya tidak tahu sejak kapan, cium tangan yang namanya tetap cium tangan, menjadi kegiatan -yang sepertinya- sama,  namun sebenarnya menjadi perilaku yang sama sekali berbeda.

Saat ini kebanyakan anak/remaja/orang melakukan cium tangan dengan cara meletakkan punggung tangan orang yang disalami di dahi atau meletakkan/menyentuhkan punggung tangan orang yang disalami di pelipis.

Bagaimana bisa dan sejak kapan..?

Sepertinya, tidak ada yang ‘terganggu’ dengan perubahan ini (atau mungkin tidak/belum menyadari?) . Padahal jelas, dengan mencium tangan itulah kita tunjukkan penghargaan dan penghormatan kita pada siapapun yang sedang kita salami, sebagai seseorang yang lebih senior, lebih tua. Jadi jika status bersalaman dengan cium tangan bukan lagi dengan mencium tangan, dimana penghargaan/penghormatan yang kita berikan?

 

2 thoughts on “Cium Tangan

  1. Maksud mas Faiz harusnya tangan orang tua/senior harusnya didekatkan ke hidung dan bibir Kita ya? Haha Kalau saya dan keluarga sih tetap seperti itu. Tapi meletakkan atau mendekatkan sesuatu di kening itu mungkin memang mempunyai maksud penghormatan jg. Saya pernah melihat orang yg menangkupkan kedua telapaknya dan mendekatkannya ke kening sewaktu menyembah. Tampaknya hidmat jg. Cuma tampak tidak hormatnya itu Kalau ‘mencium’ punggung tangan dg kening dilakukan sekilas saja atau terburu – buru.

  2. Betul..lha namanya saja kan cium tangan..🙂
    Bersyukur yg di rmh msh spt yg seharusnya. Memang ada banyak cara sbg bentuk penghormatan, tp sy pikir kl cium tangan, ya yg dicium tangannya.. Ok, thx bwt comment-nya. Ditunggu sll kehadirannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s